Tuesday, 27 February 2018

Gandasturi Energen Sarapan Keluarga Miss


Sebelum azan subuh berkumandang, None M, sudah bangun tidur dan mulai sibuk dengan peralatan dapur. Pagi ini None M mau pergi ke suatu acara yang cukup jauh, makanya sang None mempersiapkan segala sesuatu sebelum matahari menampakan sinarnya.

Tidak lama kemudian, Mak I bangun dan berkata “Ngapaian kamu?”. None M menjawab “lagi merebus kacang ijo, mau bikin gandasturi buat sarapan keluarga dan di bawa pada saat pergi”. Tidak lama kemudian Mak I mengajarkan cara pembuatannya dan None M mendengarkan dengan seksama.

Untuk membuat gandasturi energen caranya sangat mudah, pertama-tama None M merendam 100grm kacang ijo sekitar 20 menitan lalu kacang merah tersebut direbus sampai merekah. Setelah matang, kacang hijau ditiriskan dan di tumbuk kasar. Lalu sang None M mengambil pengorengan teplon dan memasukan kacang ijo, 150ml susu, 100grm terigu, 2 sachet energen rasa kacang ijo, gula, garam secukupnya. Bahan bahan tersebut di aduk aduk sampai mengering . Oh ya, saat mengaduk menggunakan api kecil ya.
Sambil menunggu uap adonan kacang ijo menghilang, sang None membuat bahan kulit luar atau bahan cair yang terdiri dari 100grm terigu, 50ml air, garam dan vanili. Bahan tersebut di aduk rata. Ketika adonan kacang hijau dingin maka sang None memipihkan adonan tersebut dan memasukan ke dalam bahan kulit tepung. Setelah itu sang None mengorengnya hingga kecoklatan.
Mudah khan, membuatnya. Tidak beberapa lama sudah tersaji di meja. Hari ini, keluarga Miss sedang ada kesibukan di luar rumah. None M dengan kesibukan ngeblognya, si bontot mau pergi tugas kerja di Pare-Pare. Sedangkan Mak I dan Papa nya Duo None pergi ke rumah sakit untuk kontrol bulanan.

Mengapa None M, ingin membuat gandasturi?

Keluarga Miss suka makan gorengan sehingga None, mau membuat kue yang praktis , bahan bahan tersedia yang ada di dapur, gandasturi bisa di bawa sebagai bekal sarapan di perjalanan.

Jika sedang pergi tugas, Si Bontot hampir tidak pernah sarapan, ia mengatakan “nanti juga di kasih makan di pesawat, takut ketinggalan pesawat”.Mak I berkata “ini makan ya, sarapan kamu, kakak mu bikin tadi pagi” sambil membukus beberapa gandasturi untuk di makan di dalam mobil menuju bandara.

Pentingnya sarapan pagi

Banyak orang yang mengangap sarapan pagi itu bikin sakit perut, bikin ngantuk dan bikin gemuk. Ayo kalau kamu, apa alasannya tidak sarapan pagi ?.

Hal ini karena pembaca blog Miss, salah dalam memilih sarapan dengan mengkomsumsi terlalu banyak porsinya. Saat sarapan, tubuh hanya membutuhkan 300-500 kalori. Sarapan yang baik haruslah bersumber dari kaborhidrat seperti gandum utuh, beras merah,oats. Kita perlu mengkomsumsi sarapan sebelum jam sembilan karena sarapan begitu penting bagi tubuh kita yaitu

  • Meningkatkan metabolisme sehingga tidak mudah sakit
  • Memberikan energy untuk beraktivitas selama seharian.
  • Fokus dan konsentrasi sehingga memudahkan dalam mengerjakan tugas .
  • Menutrisi otak.
  • Meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan sarapan maka produktivitas kerja bertambah dan prestasi mudah di raih, Oleh karena itu Energen merupakan solusinya . Energen mempunyai 5 varian rasa, yang enak yang bisa kamu pilih yaitu kacang ijo, vanilla, coklat, jagung, jahe. Cara membuatnya cukuplah mudah yaitu dengan cuma di seduh dengan air panas maka segelas minuman bergizi bisa menunjang aktivitas kita. Untuk variasi minuman ini bisa mengunakan buah-buahan, kismis, kacang atau di kreasikan sesuai dengan keinginan kita (boleh loh, nyontek resep diatas atau mini video tutorial di bawah ini, klik dong ).



Nah, kalau sudah tahu betapa pentingnya sarapan, mulai hari ini, yuk sarapan sebelum jam sembilan .

Miss mau tanya nih, apa sih rasa favorit saat minum energen ? Boleh dong di ketik tuh, kolom komentarnya, jangan sampai tidak terisi ya.

Keterangan :
Miss adalah nama tiga orang cewek cantik
None adalah pangilan anak gadis dalam bahasa betawi
Mak adalah Emak.
Bontot adalah anak bungsu dalam bahasa betawi.

7 comments:

  1. anakku susah mba makan2 gandasturi tp emaknya doyan,,, noted ned idenya,,, klau energen pakai air hangat suka bangt gk pernah nolak aplg rasa coklat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dulu dong resep Miss, siapa tahu anak anaknya suka .

      terima kasih mab utie telah mampir di dapur Miss

      Delete
  2. Aku belum pernah nih olah makan ENERGEN dengan olahan begitu, mba. Biasanya diminum aja nih ama air panas trus diaduk rata. Mhh enak banget. mau nyoba ah tips mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba alida mampir dan main ke dapur Miss, kalau belum pernah makan gandasturi, lain kali mampir aja langsung ke rumah Miss, nanti Miss bikinin deh khusus buat mba alida :)

      Delete
  3. Waw, ide menarik ini, bikin gadasturi pakai energen kacang hijau, biar lbh berasa dan bergizi yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba nurul
      Terima kasih ya sudah hadir dan mampir disini .

      Delete
  4. Paling favorit yang kacang ijo, biasanya diseduh biasa ajah pakai air panas. Idenya buat bikin kue ganasturi menarik juga niyy! Ehmm.. Udah lama banged nggak makan kue ini Mpo.

    ReplyDelete

 

MISS NGUBEK DAPUR Template by Ipietoon Cute Blog Design